Karang Asem Regency

Posted by Lambang Insiwarifianto Monday, September 29, 2008 1 komentar

Kabupaten Karangasem

Kabupaten Karangsem terletak di ujung timur Pulau Bali dengan luas sekitar 83.954 ha. Daerah Karangasem merupakan daerah berbukit dengan kondisi tanah kering, nyaris mendekati kondisi alam di Lombok Barat. Kondisi alam yang panas dan kering di Karangsem ini pun dipertajam lagi ketika daerah ini dilibas oleh lahar Gunung Agung saat meletus tahun 1963. Sebagian besar wilayah Karangasem, terutama daerah bagian utara, terkubur lahar letusan Gunung Agung.
Memasuki dasawarsa 80-an, kawasan ini sedikit demi sedikit mulai berubah hijau ditumbuhi rerumputan dan jenis tanaman kering, selain juga giat dilakukan penghijauan lewat penataan sektor pertanian dan perkebunan. Petak-petak sawah di pinggiran kota Karangasem kembali ditata mengikuti bentuknya semula. Oraginsasi Subak, dalam hal ini memegang peranan penting dalam pengelolaan lahan pertanian tersebut.
Sejak pertengahan dasawarsa 90-an, kawasan Karangasem utara terutama daerah tumpahan lahar di Tulamben, secara pasti beralih menjadi kawasan wisata bahari dengan terumbu karang dan ikan hias yang menarik. Sarana hunian wisata seperti hotel, restauran, dan rekreasi bahari dibangun di kawasan Tulamben ini. Tak hanya keindahan alam perbukitan dan bawah laut yang menjadi andalan wisata Karangasem. Masyarakat Bali Mula yang banyak bermukim di daerah Karangasem memberi warna lokal pada seni budaya daerah Karangasem. Masyarakat di Desa Tenganan, Bungaya, Asak, Timbrah, Bugbug, dan beberapa desa lainnya hingga kini masih memberlakukan tatanan adat istiadat Bali Mula warisan leluhur mereka. Walau terjadi toleransi pengaruh budaya lewat jalur Agama Hindu, keteguhan mereka untuk tidak mudah menerima pengaruh Bali Majapahit menyebabkan warisan budaya Bali Mula masih mampu bertahan hingga kini.


Bukit Jambul

Bukit Jambul terletak di Desa Pesaban, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Daerah Tingkat II Karangasem, jaraknya kira-kira 12 km dari Klungkung atau 51 km dari kota Denpasar dan dilalui jalan jurusan ke Besakih. 0byek ini terletak diatas bukit, daya tarik obyek ini terletak pada perpaduan panorama perbukitan, sawah, lembah dan panorama laut. Dari tempat ketinggian ini wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam yang mempesona. Dipinggir jalan yang menanjak dan berliku dapat disaksikan petak-petak sawah yang bertingkat dan pohon-pohon cengkeh yang subur.Di sebelah Timur tampak bukit menjulang tinggi di wilayah Sidemen dan disebelah Selatan kelihatan areal persawahan Kabupaten Klungkung dan sekitarnya serta pemandangan laut lepas di Selatan Klungkung. Bukit Jambul banyak disinggahi wisatawan yang akan pergi ke Besakih atau pada waktu kembali dari sana.


Desa Tenganan (Tenganan Village)

Desa Tenganan atau Tengan Pegeringsingan merupakan salah satu dari sejumlah desa kuno di Bali yang dikenal dengan sebutan Bali Age. Pola kehidupan masyarakat Tenganan seperti pola perkampungan, struktur komunikasi sistim ritual merupakan suatu yang amat unik.


Gunung Agung (Mount Agung)

Gunung Agung yang merupakan Gunung yang disucikan oleh masyarakat Hindu Bali dimana mereka memiliki kepercayaan bahwa para dewa-dewa berstana di Gunung Agung. Gunung Agung salah satu gunung yang masih aktif di Pulau Bali, letusan terakhir terjadi pada tahun 1963 yang mengakibatkan kehancuran terutama di Kabupaten Karangasem. Gunung yang memiliki ketinggian 3,014 meter, di kaki gunung terdapat Pura Besakih, pura yang terbesar yang terdapat di Bali. Para petualang dapat memanjat Gunung Agung antara bulan Juli dan Bulan October.


Iseh

Lingkungan lseh merupakan bagian dari Desa Sidemen, Kecamatan sidemen, Kabupaten Karangasem, jaraknya kira-kira 52 km dari kota Denpasar dan dapat dicapai dengan mobil melalui jalan jurusan Desa Satria, langsung ke Sidemen. 0byek Wisata Iseh sudah terkenal sejak sebelum perang kemerdekaan Indonesia karena keindahan panorama alamnya. Disini pernah tinggal pelukis dari Negara Jerman yang terkenal, sedang namanya yaitu Walter Spies yang hidup antara tahun 1895-1942. Di Iseh Walter Spies membangun gubuk kecil untuk studio tempatnya melukis. Selain itu ada juga pelukis terkenal lain yaitu Theo Mejer dari Swiss yang lahir di Bale Swiss pada tanggal 31 Maret 1908. Mereka banyak melukis pemandangan dengan latar belakang gunung Agung. 0byek lukisannya yaitu kehidupan penduduk sehari-hari, para penari dan upacara adat setempat.


Jemeluk

0byek wisata Jemeluk terletak di kawasan pantai Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Kabupaten Daerah Tingkat II Karangasem. Jaraknya lebih kurang 101 km dari kota Denpasar atau 21 km dari kola Amlapura. Meskipun fasilitas penginapan di daerah ini belum ada tetapi di Desa Lipah ketimur kira-kira 3 km sudah ada penginapan serta rumah makan yang sangat mencukupi buat melayani wisatawan.


Padang Bai

Padang Bai terletak di Desa padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, jaraknya 53 km dari kota Denpasar atau lebih kurang 30 km dari Amlapura. Lokasi Padang Bai terletak di pantai jalan jurusan Klungkung-Karangasem belok ke arah kanan. Di Padang Bai kini telah ada beberapa buah penginapan maupun rumah makan bagi para wisatawan yang menikmati liburannya disana, maupun para wisatawan yang akan pergi ke Lombok atau yang baru datang dari Lombok. Untuk keperluan penyeberangan ke Lombok tersedia kapal ferry yang siap melayani wisatawan atau orang-orang yang pergi ke Lombok, 4 kali penyeberangan dalam sehari. Para wisatawan yang akan menikmati wisata air disana tersedia pula jukung-jukung penduduk setempat maupun boat, areal parkir mobil tersedia cukup luas. Toko-toko penjual barang souvenir juga banyak terdapat disini.Yang menarik dari obyek ini adalah tempatnya terlindung di suatu teluk dengan batu karangnya yang hitam kokoh sehingga kehidupan bawah airnya aman. Di bagian timur dari pantai Padang Bai pasirnya berwarna putih bersih dan tebal sehingga banyak wisatawan memanfaatkannya untuk berenang di laut atau berjemur di pantai. Di laut sebelah timur bukit Padang Bai sangat baik untuk kegiatan Diving maupun snorkling bagi wisatawan sebab disini terdapat banyak ikan hias tropis dengan karang-karangnya yang indah. Padang Bai merupakan tempat mendaratnya para wisatawan yang berkunjung ke Bali melalui lautan yang diangkut oleh kapal-kapal pesiar besar yang hanya berlabuh di Labuhan Amuk.


Pura Besakih (Besakih Temple Area)

Komplek Pura Besakih terdiri dari 18 Pura dan 1 Pura Utama. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih. maka Pura Penataran Agung ini adalah yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di Besakih. Dimana terdapat 3 arca utama Tri Murti Brahma, Wisnu dan Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur.


Puri Agung Karangasem (Karangasem Palace)

Puri ini dibangun pada akhir abad ke 19 oleh Anak Agung Gede Jelantik, raja Karangasem yang pertama. Daya tarik utama dari puri ini adalah arsitektur bangunannya merupakan perpaduan antara arsitektur Bali, China dan Eropa. Disamping itu terdapat pula candi-candi yang menjulang tinggi mencapai ketinggian 25 meter yang terbuat dari batu bata dan dihiasi cetakan motif wayang. Puri Agung Karangasem terletak di pusat kota Amlapura yang jaraknya 78 km dari kota Denpasar, atau 15 km dari obyek wisata Candidasa.


Putung

Putung merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Daerah Tingkat II Karangasem. Jaraknya kira-kira 64 km dari kota Denpasar atau 19 km dari kota Amlapura dan mudah dicapai dengan mobil. Lingkungan Putung terletak di daerah pegunungan yang dikelilingi oleh pepohonan yang lebat, terutama kebun salak, sehingga hawa di sini sangat sejuk menyegarkan. Daya tarik utama dari obyek wisata ini ialah keindahan panoramanya yang sangat mengagumkan yaitu perpaduan antara alam pegunungan dan alam laut.Apabila kita melepas pandangan, di sekitarnya akan tampak ladang-ladang penduduk yang bertingkat-tingkat hingga ke bawah, bukit dengan hutannya yang lebat dan subur serta lembahnya. Di bawah tampak petak-petak sawah di wilayah Buitan dan Labuhan Amuk dengan lautannya yang membentang luas membiru serta kapal yang berlabuh di sana dan jukung nelayan yang sedang menangkap ikan. Nusa Penida sangat jelas kelihatan dari obyek Putung. Keindahan wisata Putung menjadi makin terkenal berkat lukisan Mr. Christiano pelukis dari Itali dan beristri gadis dari Manggis.


Rafting Telagawaja

Telagawaja adalah nama sebuah sungai di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Sungai ini memiliki potensi yang bagus sebagai objek wisata air (rafting) karena airnya tidak pernah kering walaupun musim kemarau. Airnya yang jernih dan berliku-liku dengan bebatuan yang besar di sepanjang aliran sungai.


Sibetan

Kebun salak Sibetan merupakan salah satu obyek wisata dimana kita bisa menyaksikan sesuatu yang sangat menarik seperti misalnya penduduk setempat memetik salak. Bahkan para wisatawan dapat terlibat langsung ikut memetik buahnya bersama-sama penduduk setempat. Disamping kebun salak terdapat juga pemandangan alam yang indah dan alami hamparan kebun yang bertingkat dan pemandangan buih-buih putih ombak dikejauhan menjadikan Sibetan suatu tempat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata ini terletak di Dukuh Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem yang jaraknya sekitar 83 km dari kota Denpasar.


Taman Tirtagangga

Taman Tirtagangga merupakan salah satu obyek wisata yang menarik dengan panorama yang indah. Adanya hamparan sawah yang mengelilingi Taman Tirtagangga, sumber air yang melimpah serta udara yang sejuk menambah nikmatnya para wisatawan beristirahat di tempat ini. Objek wisata ini terletak di Desa Ababi 83 km ke arah timur kota Denpasar.


Taman Ujung

Taman Ujung mulai dibangun pada tahun 1919 dan diresmikan penggunaannya pada tahun 1921. Taman ini dibangun oleh raja Karangasem yang digunakan sebagai tempat peristirahatan atau tempat untuk menjamu tamu-tamu penting. Bentuk bangunan sangat megah dan khas, merupakan perpaduan antara arsitektur Eropa dan Bali. Di sebelah barat kolam, di tempat yang agak tinggi terdapat sebuah bangunan berbentuk bundar disebut Bale Bengong, tempat untuk menikmati keindahan taman dan sekitarnya. Namun kini peninggalan yang megah itu telah hancur akibat gempa bumi yang terjadi pada tahun 1963 dan 1979. walaupun tinggal puing-puingnya saja tetapi kesan megah dimasa lampau masih saja tampak. Taman Ujung berlokasi di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, berjarak kira-kira 85 Km dari Denpasar atau 5 Km selatan Amlapura.


Tulamben

Daerah wisata Tulamben berlokasi di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, sekitar 104 km ke arah timur dari Denpasar. Tulamben merupakan tempat dengan panorama yang sangat indah. Dari sini wisatawan dapat menikmati keagungan dari gunung Agung, lembah-lembah dan pemandangan laut yang biru.

Related Post



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Karang Asem Regency
Ditulis oleh Lambang Insiwarifianto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://balihotels-hotel.blogspot.com/2008/09/karang-asem-regency.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

budi said...

Karangasem regency is a district located in the province of Bali, Indonesia the Capital is in the Amlapura.

Post a Comment

Incoming Search: , Karang Asem Regency